“Aroma Maluku” Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021

Tim Kreatif
Tim Kreatif
161 Views

Hari ini telah sukses digelar Puncak Acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021. Tema yang diusung adalah “Aroma Maluku”, dengan menghadirkan beberapa UMKM pilihan dari Maluku. Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau lebih akrab disebut dengan Gernas BBI merupakan hasil inisiatif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek). Gernas BBI “Aroma Maluku” dihadiri langsung oleh Gubernur Maluku, yang dalam sambutannya mengungkapkan komitmen Pemerintah Provinsi Maluku untuk memberikan ruang bagi pelaku usaha lokal terutama UMKM untuk terus berinovasi. Gubernur Maluku mengharapkan agar produk-produk ekonomi kreatif Maluku makin dikembangkan sehingga dapat menjadi motor penggerak ekonomi rakyat. Beberapa produk unggulan diantaranya kerajinan kerang, tenun dan minyak kayu putih diharapkan mampu menjadi ikon produk ekonomi kreatif Maluku yang mampu bersaing di pasar Nusantara bahkan internasional.

Turut hadir dalam puncak acara selain Gubernur Maluku, pihak Kemdikbudristek yang dipimpin oleh  Sekretaris Jenderal, Ir. Suharti, M.A., Ph.D., pihak Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) yang dipimpin oleh Deputi Koordinasi Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bpk. Odo R.M Manuhutu, Walikota Ambon, serta jajaran Forkopimda lainnya. Acara ini juga digelar secara daring (online) dengan dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) yang turut memberikan sambutannya. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga turut memberikan sambutannya secara daring, berharap agar kegiatan ini dapat membantu membangkitkan ekonomi masyarakat serta makin mengenalkan potensi pariwisata serta ekonomi kreatif Provinsi Maluku di Nusantara.

Dalam acara tadi, ditampilkan pula fashion show “Pesona Tenun Maluku” karya desainer nasional Wignyo Rahadi dan karya peserta program inkubasi desain fesyen dan produksi fesyen tenun Maluku yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku.

Selain itu diumumkan juga para pemenang lomba Kuliner Warisan Maluku yang diikuti oleh sekolah vokasi di Maluku. Hadiah diserahkan langsung oleh Sekjen Kemdikbudristek didampingi oleh Gubernur Maluku. Para tamu undangan tak lupa berkunjung ke pameran UMKM, ke beberapa booth serta berkesempatan membeli langsung produk yang ditawarkan dengan membayar melalui QRIS. Para pelaku UMKM berharap, melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia “Aroma Maluku”, makin banyak orang membeli produk buatan anak daerah.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia “Aroma Maluku” diharapkan menjadi platform memperkenalkan kekayaan budaya, alam serta pariwisata Maluku yang tidak kalah dari daerah-daerah lain. Bangga buatan Indonesia, cintai produk Maluku, dan perkenalkan indahnya Maluku ke Nusantara bahkan mancanegara, ayo ke Maluku!

Konferensi pers oleh Gubernur Maluku usai acara
Jumpa pers oleh Gubernur Maluku

Penulis : EDW

Foto : HER, EDW

 

Berita Info Terkini Informasi

Comments

    No comments