Tim Kreatif
Tim Kreatif
141 Views 44

Bertempat di aula Dinas Pariwisata Maluku, kegiata Fasilitasi Pembentukan Asosiasi Spa Maluku dilaksanakan pada siang ini, Rabu, 29 Desember 2021. Acara dimulai dengan pembacaan do’a yang langsung dilanjutkan dengan sambutan dan paparan singkat Kepala Dinas Pariwisata Maluku. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa Dinas Pariwisata Maluku tidak pernah surut semangatnya untuk mendukung para pelaku usaha pariwisata. Usaha-usaha pariwisata memang menjadi bagian tak terpisahkan dalam upaya meningkatkan pariwisata Maluku.

Oleh karena itu, beliau mengharapkan bahwa pembentukan asosiasi spa ini dapat mendatangkan banyak manfaat untuk pengembangan pariwisata Maluku. Setelah itu, Kabid Pengembangan Pemasaran dan Promosi Dispar Maluku juga turut memberikan pandangannya terkait pembentukan asosiasi spa. Kegiatan ini merupakan hasil dari pembicaraan dan diskusi yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, kolaborasi antara Pemerintah dengan sektor usaha pariwisata harus diperkuat guna bersama-sama membangun pariwisata Maluku. Selain itu, melestarikan kearifan lokal Maluku seperti pengaplikasian minyak kayu putih khas didalam industri spa juga dapat dipikirkan pengembangannya di industri usaha pariwisata ini. Kemudian acara berlanjut dengan pemaparan dari narasumber yaitu Ibu Juliette Immanuela Sadra yang merupakan Spa Manager and Trainer di Papua Paradise resort.

Dalam paparannya, beliau menjelaskan bahwa pemilik spa haruslah mempunyai kuesioner untuk kelengkapan data dalam antisipasi hal-hal terkait kesehatan, terlebih di masa pandemik seperti sekarang ini. Kebijakan semacam ini sudah lazim berlaku di berbagai spa di seluruh dunia. Bahkan beliau melanjutkan bahwa minyak ayu wedha yang merupakan salah satu minyak terkemuka dalam industri spa, berasal dari cengkeh dan pala yang notabene lekat dengan Maluku sebagai penghasil rempah-rempah. Beliau juga berharap bahwa sertifikasi dan kelengkapan data haruslah dimiliki oleh usaha-usaha spa di Maluku. Hal ini penting, agar wisatawan nusantara maupun mancanegara. Dalam sesi diskusi, hal-hal seputar industri spa dibahas seperti penggolongan spa sebagai tempat hiburan sehingga nilai pajaknya pun tinggi. Kemudian, stigma usaha spa yang terkadang disalahgunakan oleh oknum tertentu harus dikikis dan dihapuskan sehingga industri spa dapat menjalankan usahanya dengan baik. Pada sesi akhir, pengukuhan pengurus asosiasi spa periode kepengurusan 2021-2023 dilaksanakan. Bapak Karel Persulessy dari Manise Hotel & Spa terpilih menjadi ketua, Ibu Yuni Marasabessy dari Khayla Spa terpilih sebagai sekretaris, dan Ibu Aline dari Maharani Spa terpilih menjadi bendahara.

 

Penulis : MAK
Foto : MFJ

Uncategorized

Comments

  1. Pacto de fuga alt yazılı izle 2022. HD. Yıldızlararası Interstellar izle 2014.
    Alive #Saraitda alt yazılı izle 2022. Prestij
    The Prestige izle 2006. HD. Eighteen Hours alt
    yazılı izle 2022. HD. Bruised izle 2022.

    Here is my website :: Alura Jenson Masaj Jordi

4 comments