Kunjungan Tim Kemenkomarves, BAPPENAS RI, Kemenhub RI, Serta Kemenprekraf RI di Banda Dalam Rangka Rencana Revitalisasi Istana Mini Banda

Tim Kreatif
Tim Kreatif
30 Views

Kunjungan Tim Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi ( Kemenkomarves), Bappenas RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kementerian Perhubungan RI Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado dan KSOP ke Banda Naira Kabupaten Maluku Tengah hari Sabtu (09/04/22). Setelah tiba di Bandar Udara Banda Naira rombongan dari Kementerian disambut oleh Muspika Banda Naira diiringi tarian Petik Pala.

Kunjungan ini adalah dalam rangka melihat dari dekat bangunan bersejarah yakni Istana Mini yang akan dilakukan restorasi dan kesiapannya menjadi Istana Presiden di wilayah Timur Indonesia seperti yang diusulkan pemerintah provinsi Maluku. Menurut Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kemenkomarves RI, Sartin HIA yang melihat secara detail bangunan Istana Mini mengatakan, Istana Mini merupakan bangunan yang sangat bersejarah yang tidak bisa dilupakan yang ada di Banda Naira dan perlu mendapat perhatian. Untuk itu, tujuan kami ke Banda Naira untuk merestorasi Istana Mini hingga menjadi Istana Kepresidenan di kawasan Timur Indonesia dan untuk memberikan edukasi-edukasi sehingga pengunjung yang datang dapat mengetahui sejarah dari istana mini ini.

 

Dalam kunjungan ke Istana Mini ini, rombongan didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Maluku, Marcus J Pattinama. Seusai melihat Istana Mini, selanjutnya rombongan melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat yang bertempat di aula kantor kecamatan Banda Naira. Selesai pertemuan rombongan mengunjungi bangunan sejarah lainnya seperti rumah pengasingan Bung Hatta dan Bung Sjahrir di Banda Naira.

 

Penulis : HS
Foto : HS / HO / EI

Berita

Comments

    No comments