Lennart Emmen, Bule Asal Belanda Ikut Dalam Tradisi Pukul Sapu Morella 2022

Tim Kreatif
Tim Kreatif
11 Views

Tradisi pukul sapu yang dilaksanakan 7 hari sesudah hari Raya Idul Fitri atau setiap tanggal 7 Syawal merupakan tradisi budaya yang setiap tahunnya dilakukan oleh masyarakat Jazirah Leihitu khususnya desa Morella dan Mamala. Ratusan masyarakat dari kota Ambon maupun luar pulau Ambon memadati desa Morella dan Mamala untuk menyaksikan tradisi pukul sapu. Hal yang menarik perhatian dalam tradisi pukul sapu ini adalah Lennart Emen salah satu warga negara asing asal Belanda yang ikut menjadi peserta dalam tradisi adat pukul sapu ini.

Menurut Emmen dirinya sangat tertarik dengan tradisi pukul sapu ini karena sebelumnya belum pernah ikut dalam tradisi pukul sapu yang penuh dengan nilai sejarah ini sehingga dirinya meminta ijin panitia untuk menjadi peserta dalam pukul sapu. Setiap sabetan sapu lidi yang menghantam tubuhnya dirasakan tidak terlalu sakit dan sangat memacu adrenalin. Dirinya juga penuh semangat dengan menyabetkan sapu lidi ke tubuh peserta lain, begitupun sebaliknya. Setelah melakukan atraksi pukul sapu puluhan pengunjung langsung meminta foto bersama dengan Emmen dan juga peserta yang lain untuk diabadikan dengan kamera ponsel masing-masing.
Untuk diketahui batang lidi dari pohon enau ini panjangnya lebih dari satu meter dan sangat lentur namun kuat. Ukurannya yang kecil membuat sapu lidi enau mampu menyayat kulit hingga mengeluarkan darah. Tiap pemuda berpasangan bergantian untuk menerima pukulan. Tradisi pukul sapu Maluku selalu menyedot animo masyarakat. Ajang tahunan ini menjadi edukasi dan hiburan bagi mereka. Dikemas dalam perayaan seremonial yang diisi dengan petuah dan cuplikan sejarah para pejuang melawan penjajah.

 

Penulis : HER
Foto : PP

Berita Informasi

Comments

    No comments