Pelatihan Pengelolaan Homestay di Negeri Oma, Haruku, Kab. Maluku Tengah

Tim Kreatif
Tim Kreatif
54 Views

Dinas Pariwisata Provinsi Maluku mengadakan kegiatan Pelatihan Homestay di Negeri Oma, Haruku, Kab. Maluku Tengah, pada 25 Maret 2022 lalu. Kegiatan ini mengusung tema “Peningkatan dan Pengembangan Kualitas Masyarakat Melalui Peningkatan Mutu dan Daya Saing Pengelolaan Homestay di Desa Wisata”. Kegiatan dimulai dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan laporan oleh panitia pelaksana. Setelah itu, Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Dispar Maluku, Ibu Mien Soplantila yang pada kesempatan kali ini mewakili Kepala Dinas memberikan sambutan sekaligus membuka jalannya acara.

Kemudian, acara berlanjut dengan pemaparan materi oleh beliau dengan judul materi “Arah dan Pengembangan Pariwisata Provinsi Maluku”. Dalam materi ini beliau menjelaskan bahwa SDM kepariwisataan merupakan salah satu elemen penting dalam pengembangan pariwisata Maluku. Untuk itu, kegiatan seperti ini gencar diadakan oleh Dispar Maluku sebagai salah satu jawaban penanggulangan masalah ketersediaan SDM kepariwisataan yang mumpuni. Setelah itu, acara berlanjut dengan pemaparan materi oleh narasumber dari Kemenparekraf RI yaitu Bapak Arius S.M Hutahaen. Pada sesi ini, beliau membawakan materi tentang “Manajemen Pengelolaan dan Pelayanan Prima di Desa Wisata”.

Hal ini dinilai krusial mengingat unsur pelayanan merupakan salah satu hal yang harus dijaga selalu prima. Desa Oma sendiri merupakan salah satu desa di Maluku yang diikutsertakan dalam ajang ADWI 2021 (Anugerah Desa Wisata Indonesia). Selain itu, pengelolaan homestay mulai dari ketersediaan sarana, kebersihan lingkungan, hingga hal detail seperti kerapihan seprei adalah hal-hal yang tentunya menunjang tingkat kepuasan pengunjung. Setelah sesi ini, kegiatan dilanjutkan dengan praktek penataan seprei pada tempat tidur homestay. Kemudian, acara dilanjutkan dengan ishoma dan acara penutupan.

 

Penulis : MAK
Foto : Disparmal

Berita Informasi

Comments

    No comments