Peluang Kerjasama Antara Dinas Pariwisata Maluku Dengan BPSKL-MP Untuk Pengembangan UMKM dan Destinasi Wisata

Tim Kreatif
Tim Kreatif
13 Views

Pagi ini, 26 November 2021, bertempat di ruangan Kepala Dinas Pariwisata Maluku diadakan pertemuan dengan  dari Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Maluku Papua (BPSKL-MP). Dalam pertemuan ini, Kepala Dinas yang didampingi oleh Sekretaris Dinas dan Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan memberikan contoh bahwa pengembangan pariwisata haruslah berfokus pada lokomotif pengembangannya dalam hal ini Kepulauan Banda sebagai contohnya.

Setali tiga uang dengan peluang kerjasama yang akan dijajaki, mengembangkan desa-desa di Maluku terutama dari segi UMKM dan destinasi  wisatanya pun diperlukan penentuan fokus pengembangan. Masyarakat desa harus diberdayakan sesuai fungsi dan peran yang cocok sehingga potensi desa dapat dicapai secara maksimal. Desa Hukurila yang terletak di kecamatan Leitimur Selatan dapat menjadi fokus yang dimaksud. Dengan potensi pariwisata alam yang mendukung dan predikat desa Hukurila sebagai Desa Wisata Berkelanjutan (DewiBulan) semakin menguatkan fokus pengembangan yang bermuara menjadi lokomotif pengembangan desa wisata di Maluku.

 

 

 

 

 

 

 

Peluang kerjasama yang dijajaki agar sampai di tahap MoU adalah pengembangan kelembagaan dalam kemitraan, dan pengembangan ekonomi kreatif dalam kemitraan. Pengembangan kelembagaan dalam kemitraan adalah dengan membentuk kelompok-kelompok masyarakat agar dapat terorganisir perkembangannya. Pengembangan ekonomi kreatif yang berfokus pada pengembangan UMKM lokal disinyalir dapat menjadi salah satu penggerak utama baik dari segi ekonomi masyarakat, maupun perkembangan industri UMKM nya. Dalam waktu dekat, kedua belah pihak akan berkunjung ke desa Hukurila untuk memulai langkah awal dari peluang kerjasama ini.

Penulis : MAK

Foto : MAK

Berita

Comments

No comments