Tim Kreatif
Tim Kreatif
30 Views

Tradisi Bakar Batu di Kepulauan Tanimbar hingga kini masih terjaga dengan baik dan tetap dipraktekan.

Langkah pertama adalah membuat lubang. Setelah lubang dibuat, susun batu pertama, di atasnya tumpuk kayu, lanjut dengan susunan batu kedua.

Siapkan lubang, kayu bakar, dan batu

Setelah batu-batu dibakar, selanjutnya siapkan bahan makanan. Singkong, ubi, ikan yang sudah dibumbui terlebih dahulu, daging babi atau daging ayam. Siapkan juga daun pisang untuk membungkus bahan makanan dan untuk menutup lubang bakar batu. Keluarkan kayu api dan bara, sisakan batu-batu saja. Masukan seluruh bahan makanan, terlebih dahulu alas dengan daun pisang, dan letakkan singkong, ubi, lapisi lagi dengan daun pisang, letakkan ikan, babi, tutup lagi dengan daun pisang. Terakhir, tutupi lobang dengan tanah kembali sampai tidak ada uap yang keluar. Setelah tertutup rata, susun kembali kayu api dan bara yang tadi terbakar. Setelah sekitar 30 menit, buka bakar batu kembali. Keluarkan makanan dari lubang, dan makanan siap disantap. 

Bakar batu adalah momen untuk mewariskan sejarah dan tradisi disela-sela aktivitas. Setelah bakar batu dibuka, dilanjutkan dengan makan bersama sebagai simbol kebersamaan hidup orang Tanimbar.

 

Comments

No comments