Tim Kreatif
Tim Kreatif
65 Views 44

Rapat Koordinasi Pembangunan Pariwisata Maluku Tahun 2022 Digelar di Kota Saumlaki.

Rakorbang Pariwisata Maluku Tahun 2022 dengan tema “Pemantapan Pemulihan Ekonomi Melalui Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif” telah digelar hari ini di Villa Bukit Indah, Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar. 

Hadir mewakili Bupati KKT dalam memberikan sambutan, staf ahli Bupati di bidang pembangunan dan SDM, Bpk. Somalay Batlayeri, SST.P. Mewakili Gubernur Maluku, Wakil Gubernur Maluku, yang membuka acara melalui rekaman video. Sementara itu, acara dibuka secara símbolis dengan pemukulan tifa oleh Kepala BAPPEDA Provinsi Maluku dan Staf Ahli Bupati KKT, didampingi Bpk. Fransiskus Handoko, selaku Narasumber Pusat dari Kemenparekraf RI, Kadispar Provinsi dan Kadispar KKT. Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, Ibu Widya Pratiwi Murad,  juga turut memberikan dukungan Beliau melalui rekaman video. Ketua TGPP, Bpk. Hadi Basalama, juga memberikan arahannya terkait arah pembangunan pariwisata Maluku melalui rekaman video. 

Pemukulan Tifa secara Simbolis oleh Kepala Bappeda Provinsi dan Staf Ahli Bupati KKT

Dalam pembukaan juga diserahkan piagam Anugerah Desa Wisata 2021 kepada 4 (empat) Desa Wisata di KKT, yakni Desa Kandar, Desa Namtabung, Desa Lat Dalam, dan Matakus. Khusus untuk Desa Kandar, selain piagam Anugerah Desa Wisata, Kandar juga masuk dalam jajaran 300 besar desa wisata se-Indonesia dan desa binaan Kemenparekraf RI. 

Pemaparan Materi disampaikan beberapa narasumber. Pertama, Bpk. Fransiskus Handoko, S.St.Par, M.Sc, selaku Koordinator Bidang Diklat PPSDM Kemenparekraf RI. Kedua, Bpk. Anthon A. Lailossa, ST, M.Si, selaku Kepala BAPPEDA Provinsi Maluku. Ketiga, Bpk. Marcus J. Pattinama, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku. Keempat, Drs. Herman Y. Lerebulan, Kepala Dinas Pariwisata KKT. Terakhir, Bpk. Kepala Urusan Pemerintahan Desa Wisata Durjela, Kabupaten Kepulauan Aru, sekaligus pengelola Desa Wisata Durjela, Bpk. Rulan Kobrua. Pemaparan Materi serta Diskusi ini dipimpin oleh Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran, Bpk. Rio Z.M. Pellu, S.H, M.Kn,  selaku Moderator. 

Pemaparan Materi oleh Bpk. Fransiskus Handoko dari Kemenparekraf RI

Para peserta yang hadir selain tuan rumah dari Dinas Pariwisata KKT, ada juga dari Dinas Pariwisata SBB, SBT, MBD, Maluku Tenggara, Buru, Maluku Tengah dan Kota Ambon. Masing-masing ada yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas, atau diwakili oleh Sekretaris Dinas dan Kepala Bidang. 

Setelah sesi pemaparan materi dan diskusi, Rakorbang dilanjutkan dengan pembahasan bersama bidang-bidang teknis, dan pembacaan dan penandatanganan Nota Kesepakatan. Dalam Penutupan Rakorbang telah diputuskan bahwa pelaksanaan Rakorbang Pariwisata Maluku di tahun 2023 akan dilaksanakan di Kabupaten Seram Bagian Barat. 

Suasana Pembahasan Bidang Teknis

Kegiatan akan dilanjutkan esok hari dengan mengunjungi Desa Wisata Sangliat Dol. 

Penulis : EDW

Foto : Imran

Berita Info Terkini Informasi

Comments

  1. The Punta Cardón Bicentennial housing complex, which is located a few minutes from the Cardón refinery in Falcón State,
    was born out of the need for housing solutions for the people of Falcón through the
    “Gran Misión Vivienda Venezuela”. However, after more than 10 years have passed since the
    start of its construction, and well into its second stage, where 2,
    500 house structures were.

    Feel free to visit my website Cum să obțineți medicamente fără medic

  2. Great post. I was checking constantly this blog and Albenza i kapsułka w stolcu am impressed!
    Extremely helpful information specially the last part 🙂 I care for such info
    a lot. I was looking for this certain info for a very
    long time. Thank you and good luck.

4 comments