Taman Agrowisata Ursaguli dan Pantai Batu Buaya Kepulauan Aru

Tim Kreatif
Tim Kreatif
66 Views

Sudah menjadi sifat alami manusia untuk selalu mencari ketenangan dan kedamaian. Bentuknya bagi setiap orang bisa saja berbeda-beda. Ada yang mendapatkannya dengan menonton film favorit, mendengarkan musik, atau pergi ke suatu tempat yang tenang sebagai pelarian. Pada era digital seperti sekarang ini, ‘kebisingan’ yang ditimbulkan pastilah memekakkan telinga dan batin. Namun, terkadang bepergian ke tempat yang penuh ketenangan dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan. Jika Anda mengunjungi Kepulauan Aru, naiklah speedboat selama 10 menit lagi dari kota Dobo ke Pulau Wokam untuk sampai ke taman agrowisata Ursaguli tepatnya di desa Karangguli. Taman yang dibangun oleh masyarakat setempat sejak tahun 2019 ini menggunakan dana bantuan dari Kementerian Desa PDT, dan Transmigrasi. Ursaguli berarti ‘kepala’ dalam bahasa setempat. Suasana disini amatlah tenang dan sejuk. Di sekitar, pengunjung dapat melihat pemandangan hijau baik dari pepohonan maupun rerumputan yang seakan menyelimuti area tamannya.

 

 

 

 

 

 

Dengan kontur area semi berbukit, terdapat beberapa gazebo dan spot-spot foto yang tersebar di area tersebut. Pada bagian atas dari taman ini, terdapat beberapa kebun buah seperti salak, jagung, dll. Para pengunjung yang datang kesini dapat memetik buah-buahan tersebut tentunya dengan izin pengelolanya. Selain itu, terdapat pula hutan mangrove di bagian lain area taman. Dengan jembatan kayu yang menjadi penghubung jalan, pengunjung dapat sekedar berjalan-jalan di sini atau sekedar mengambil foto estetik. Lingkungannya sangat asri dan masih alami sehingga udara yang dihirup pun sangat segar.

Ketika sudah sampai dan menjelajahi Taman Agrowisata Ursaguli, rasanya sayang jika tidak melanjutkan perjalanan ke satu destinasi menarik. Dengan speedboat yang sama, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju pantai Batu Buaya. Terletak di pulau tak berpenghuni, untuk menuju kesini dibutuhkan waktu selama 40 menit. Dan ketika sampai, pemandangan yang tersaji tentulah sepadan dengan waktu tempuhnya. Pantai ini mendapatkan namanya dari sebuah batu besar di bibir pantai yang bentuknya menyerupai kepala buaya. Selain itu, juga terdapat tebing tinggi yang tentunya dapat menjadi salah satu spot foto yang menarik. Air lautnya yang terkena sinar matahari bahkan tampak semakin indah. Rentetan daya tarik yang tersaji ini seakan semakin menambah alasan bagi Anda untuk berkunjung kesini dan merasakan sendiri sensasi dan pengalaman yang ditawarkan dua destinasi wisata yang sarat akan ketenangan dan kedamaian ini.

 

 

 

 

 

 

Penulis : MAK

Diedit oleh : EDW

Foto : PP / MDL

Artikel

Comments

No comments